Sebagai salah satu upaya dalam Rangka sharing pembelajaran dan pengelolaan Cagar Biosfer untuk calon Cagar Biosfer Merapi-Merbabu-Manoreh.sebagai tindak lanjut dari  implementasi kegiatan kerjasama internasional ITTO PD 777/15 Rev 3 (f) “Accelerating the Restoration of Cibodas Biosphere Reserve (CBR) Functions through Proper Management of Landscapes Involving Local Stakeholders” diselenggarakan pada Selasa tanggal 18 Agustus 2020, di kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Yogyakarta. 

Kegiatan dibuka oleh, Ir. Pujiati Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi, mengutarakan harapannya, kita akan mengikuti pembelajaran yang bisa kita ambil dari Cagar Biosfer Cibodas karena Taman Nasional Gunung Merapi sendiri pada tahun 2019 sudah diusulkan menjadi Cagar Biosfer Merarpi-Merbabu-Menoreh maka dari itu terkait dengan pengelolan Cagar Biosfer yang sudah dilakukan oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan karena penempatan salah satu Cagar Biosfer yang pertama di Indonesia.

Dalam acara diskusi, Wahju Rudianto selaku Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, mengungkapkan, kami mendapatkan tantangan bagaimana membangun kita diminta untuk jejaring pengelola Cagar Biosfer di Indonesia khususnya Kawasan yang dibawah KLHK oleh karna itu kita dalam kesempatan salah satu kegiatan di Project ITTO PD 777/15 Rev.3 (f). Kita ingin sharing bagaimana cara mengelola Cagar Biosfer ini kedepannya nanti dan bagaimana nanti kita secara Bersama-sama dalam Cagar Biosfer di Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan Kunjungan lapangan ke Objek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero yang terletak di lereng Gunung Merapi, di desa Ngargosoko, kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Magelang – Sleman, Taman Nasional Gunung Merapi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jurang Jero termasuk wilayah hutan lindung kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Wisata Jurang Jero bukan hanya taman saja, namun disini bisa melakukan berbagai kegiatan seperti outbound, camping, taman bermain alam, canopy trail Kolam Keceh, kedai kopi dan olahraga ekstrim seperti downhill.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini