ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F) berkontribusi pada kegiatan Festival Sarongge, yang berlokasi di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur pada tanggal 29 – 30 September 2018.

Festival Sarongge dilaksanakan dengan latar belakang kegiatan pesta rakyat yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk tasyakur akan limpahan anugerahNYA, dengan wujud nyata tetap “Mieling ka anu Nyaring Ngageuing ka anu Cicing: yang berpedoman terhadap nilai-nilai luhur agama, adat budaya sunda dan kearifan lokal, keselarasan manusia dengan alam serta berpegang teguh terhadap nilai keikhlasan, kebersamaan, gotong royong, silih asah silih asih silih asuh. Festival Sarongge melibatkan seluruh masyarakat yang ada di sekitarnya sehingga diharapkan dapat menjadi perekat untuk senantiasa menjaga silaturahim dan memelihara adat istiadat dan tabiat yang bermanfaat dan maslahat serta dapat mewadahi para pelaku usaha untuk mengembangkan perekonomiannya dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan budaya.

Tujuan Umum dari festival ini adalah untuk mempererat silaturahim, memelihara ada budaya dan menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata Kampung Saronge di Cianju sehingga dapat memberikan konstribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat yang tinggal di daerah penyangga Cagar Biosfer Cibodas.
Tujuan khusus yang ingin dicapai dari dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kelak menjadi kalender tahunan di lingkungan masyarakat daerah penyangga Cagar Biosfer Cibodas.
2. Diharapkan menjadi pemicu pihak-pihak lain untuk saling bersinergi dan bekerjasana melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfat demi kelestarian budaya lokal dalam upaya pelestarian lingkungan di daerah penyangga Cagar Biosfer Cibodas
3. Menjadi kegiatan yang regeneratif guna mempertahankan pemahaman generasi muda tentang tatanan kearifan budaya lokal di daerah penyangga Cagar Biosfer Cibodas
4. Sebagai pembelajaran yang berkesinambungan bagi setiap generasi mengenai adat dan budaya lokal yang berwawasan lingkungan.

Rangkaian Festival Sarongge adalah sebagai berikut:
– Hari Pertama, 29 September 2018; Karnaval Budaya, garawat Jagat Ngalokat Cai, Festival Dulag & Bleson/Mercon Karbit, Gelaran Seni Budaya (Kreasi Seni Wayang).
– Hari Kedua, 30 September 2018; Jalan sehat wisata, Kontes ayam pelung, Bazaar produk ramah lingkungan, Bakti Sosial dan Tausiah.

Peserta yang mengikuti dan berpartisipasi dalam Festival Sarongge berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tim PMU ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F), masyarakat lokal Kampung Sarongge mencakup para siswa siswi sekolah di sekitarnya, seniman lokal, media berita lokal, serta turis lokal dan mancanegara.


Festival Sarongge pada hari pertama diawali dengan laporan dari Ketua Panitia penyelenggara, dan sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur mewakili Bupati Cianjur. Pembukaan acara yang dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diwakili oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bapak Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc. Tim PMU ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F) juga turut berpartisipasi dalam acara Festival Sarongge, hadir Bapak Harianto Arifin sebagai Koordinator Proyek beserta tim.

Kegiatan kerjasama hibah ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F) berkontribusi dalam acara festival ini. Terkait dengan sub kegiatan dari pelaksanaan kegiatan proyek yaitu dialog dengan masyarakat lokal sekitar Cagar Biosfer Cibodas (kegiatan 2.3 “Untuk meningkatkan kepedulian akan konservasi dan pembangunan berkelanjutan melalui dialog rutin bersama para stakeholder lokal dan diseminasi bahan-bahan materi yang mudah dibaca dan menarik”), ITTO bersinergi melalui acara festival ini guna peningkatan peran ITTO di dalam kawasan Cagar Biosfer Cibodas (CBC) melalui budaya dan kearifan lokal. Media komunikasi yang dipakai adalah melalui pagelaran seni wayang golek, dengan harapan masyarakat bisa menangkap pesan yang disampaikan melalui cerita oleh dalang (pembawa cerita wayang golek). Selain itu, ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F) juga menyampaikan informasi dasar terkait proyek melalui leaflet yang disiapkan di stand pameran. Hal ini sekaligus memperkenalkan dan mensosialisakan kegiatan ITTO PD 777/15 Rev. 3 (F) “Accelerating the Restoration of Cibodas Biosphere Reserve (CBR) Functions through Proper Management of Landscapes Involving Local Stakeholders“ yang baru berjalan dan akan dilaksanakan juga di sekitar daerah penyangga CBC.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini